Perbedaan antara zakat, infak dan sedekah

Pertanyaan :

Apa perbedaan antara zakat, infak dan sedekah  ?

 

Jawaban :

Kalimat zakat dalam Al-Quran disebutkan dengan kalimat zakat langsung, seperti

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus. (98:5)

 

Atau dengan kalimat infak, seperti :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu…(2:267)

Kalimat “anfiquu” dalam ayat di atas maksudnya adalah zakat.

 

Atau dengan kalimat shadaqah, seperti

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (9:103)

Yang dimaksud kalimat “shadaqah” dalam ayat tersebut adalah zakat.

 

Infak artinya  perbuatan baik kepada seluruh makhluk dengan memberikan kemanfatan kepada mereka.  Maknanya lebih umum dari pada shadaqah atau zakat. Dalam Al-Quran, Allah swt menggunakan kalimat infak bukan hanya untuk kaum muslimin tetapi juga untuk non muslim (kafir), seperti yang terdapat dalam surat Al-Anfal ayat 36 :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah…

Kalimat infak dalam ayat tersebut menggunakan bentuk fi’il mudhori ma’lum yaitu “yunfiquuna” . artinya Allah swt menggunakan infak bukan khusus untuk kaum muslimin tetapi juga untuk non muslim atau orang-orang kafir. Karenanya infak lebih umum daripada shadaqah maupun zakat.

 

Shadaqah memiliki makna khusus hanya untuk orang beriman saja. Kamus Al-Bisri, menyebutkan shadaqah berasal dari kata  صَدَقَ يَصْدُقُ صِدْقًا   yang artinya benar atau jujur. Karenanya shadaqah itu motifasinya adalah al-qurbah mendekatkan diri kepada Allah swt untuk menunjukkan (-ash shidqu-) kesejatian dan kejujuran sebagai seorang yang beriman. Rasulullah saw menguatkan hal tersebut dalam sebuah haditsnya وَ الصَّدَقَـةُ بُرْهَانٌ   yang artinya shadaqah itu  “dalil” atau bukti kesejatian dan kebenaran iman seseorang.

 

Shadaqah yang sifatnya umum itu bermuara pada zakat, zakat itu bagian dari shadaqah, shadaqah ada yang mafrudhah dan ada yang muqaddarah atau yang ditentukan kadarnya (2,5%, 5%, 10%, atau 20%).

 

Zakat secara bahasa berasal dari kata زكى يزكى زكاة  yang artinya bersih, suci, tumbuh, berkembang dan berkah. Sedangkan secara istilah adalah mengeluarkan sebagian harta dalam waktu tertentu (haul atau ketika panen), nilai tertentu (2,5%, 5%, 10% atau 20%,) dan sasaran tertentu (faqir, miskin, amil, muallaf, riqab, gharimin, fi sabilillah dan ibnu sabil) seperti yang tertuang dalam surat At-Taubah ayat 60.

 

Perbedaan zakat, infak dan shadaqah ini jika dibuatkan diagram/ gambar maka bentuknya adalah sebagai berikut :

zakat infaq

 

 

 

Wallahua’lam bishowab.

 

ust Mohamad Suharsono (PKPU).

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Parse error: syntax error, unexpected '&', expecting ']' in /home/kmmiiorg/public_html/wp-content/themes/atahualpa/footer.php on line 4