Kajian Manasik Haji 2015

Haji dan Umrah

Haji (Al-Hajj) secara harfiah memiliki makna menuju, sedangkan secara syara’ berarti menuju ke Baitullah untuk melaksanakan ibadah. Ibadah haji merupakan rukun islam ke-5, yang apabila seseorang telah berkecukupan (dalam hal harta dan juga jasmani) maka menjadi wajib baginya untuk melaksanakan haji sekali dalam hidupnya. Di dalam Al-qur’an, perintah berhaji dimuat di surat Al-imran 3:96-97:

Terjemahan:“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekkah) yang diberkati, dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah ia. Dan mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup melakukan perjalanan ke Baitullah. Dan barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan) semesta alam. “ (Q.S. 3:96-97)

Syarat wajib haji bagi seseorang untuk melaksanakan haji adalah beragama Islam, baligh, berakal, merdeka, aman, dan mampu. Seseorang dikatakan telah mampu berhaji apabila memiliki jasmani yang kuat dan harta yang cukup (untuk perjalanan pulang dan pergi, memenuhi kehidupan selama berhaji, membuat paspor, membayar muthawwif dan biaya biaya lainnya, serta memenuhi kehidupan bagi keluarga yang ditinggalkan).

Rukun-rukun haji ada beberapa macam, yaitu Ihram dari miqat, wuquf di arafah, thawaf ifadhah, sa’i, tahalul, dantertib. Rukun-rukun ini wajib untuk dilakukan (secara berurutan). Jika ditinggalkan akan membuat haji tidak sah. Wajib haji ada beberapa macam, yaitu ihram dari miqat, mabit di muzdalifah, mabit di mina, dan thawaf wada’. Wajib haji ini harus dilakukan. Jika ditinggalkan tidak menghilangkan keabsahan haji, namun, sebagai gantinya jama’ah yang meninggalkan salah satu wajib haji harus membayar dam (denda).

Secara keseluruhan, kegiatan kegiatan yang dilakukan ketika berhaji adalah:

  1. Ihram dari miqat

Ihram adalah berniat untuk melaksanakan ibadah haji. Secara harfiah, ihram berarti mengharamkan diri dari sesuatu yang tidak diperbolehkan ketika berhaji. Miqat adalah ketentuan waktu (Zamani) dan tempat (Makani) yang harus dilakukan dalam berihram.

  1. Thawaf

Thawaf adalah mengelilingi ka’bah 7 kali.

  1. Sa’i

Sa’i adalah berlari-lari kecil dari Shafa menuju marwah 7 kali.

  1. Wuquf di Arafah

Wuquf adalah berdiam diri di bukit Arafah.

  1. Mabit di Muzdalifah

Bermalam di Muzdalifah.

  1. Mabit di Mina

Bermalam di Mina

  1. Melempar Jumrah
  2. Tahalul

Tahalul memiliki makna menghalalkan diri. Tahalul juga merupakan akhir dari masa ihram.

  1. Thawaf ifadhah

Merupakan rukun haji yang harus dilakukan setelah wuquf di Arafah. Biasanya, jama’ah haji melakukan wuquf di Arafah, mabit di Muzdalifah, mabit di Mina, melempar jumrah, dan tahalul terlebih dahulu, kemudian kembali ke mekah untuk melakukan thawaf ifadhah.

  1. Thawaf wada

Thawaf wada merupakan thawaf penutup. Biasanya dilakukan sebelum meninggalkan kota mekah.

Jama’ah yang ingin beridabadah haji (calon jama’ah), sebelum berangkat haji disarankan untuk memahami terlebih dahulu seluk beluk haji, dengan harapan ketika memulai ihram, tidak ada lagi kesalahan (yang membuat haji tidak sah) dilakukan. Oleh karena itu, calon jama’ah disarankan untuk belajar terlebih dahulu sebelum berhaji. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti latihan manasik haji yang biasanya diadakan oleh kelompok tertentu.

Untuk wilyah Kansai, Jepang, insyaAllah latihan manasik haji akan diadakan pada hari Minggu, 30 Agustus 2015 di Kobe (lebih lengkapnya lihat diposter).Manasik haji 3

Sumber:

islamiwiki.blogspot.jp

rumashyo.com

 

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Parse error: syntax error, unexpected '&', expecting ']' in /home/kmmiiorg/public_html/wp-content/themes/atahualpa/footer.php on line 4